Program Manasik Haji di Wisata Religi dan Kebangsaan Jabal Rabal Rahmah

Program manasik haji hadir sebagai sarana panduan bagi setiap muslim yang akan melaksanakan haji. Tujuannya ketika melaksanakan ibadah haji nanti tidak bingung dalam melakukan prosesinya dan dapat melaksanakan haji dengan hidmat.

Para peserta yang mengikuti wisata religi itu akan mengetahui lebih dalam tentang proses tata cara, hakikat dan makna mendalam dari ibadah haji dan umroh. Karena, untuk mencapai haji yang mabrur bukan hanya di butuhkan kemampuan melaksanakan setiap tahapan prosesinya saja akan tetapi yang lebih penting yaitu memaknai secara mendalam tahapan prosesi tersebut.





Melalui kegiatan manasik haji anak-anak akan dijelaskan tentang kedudukan haji dalam islam, bagaimana tata cara haji dan umroh serta esensi atau nilai-nilai yang ada dalam alur ibadah haji dan umroh. Di tempat kami menyediakan wahana-wahana yang memberikan sensasi pelatihan manasik haji dan umroh yang mirip dengan aslinya di mekkah. Seprti replika tugu jabal rahmah dengan tinggi 8 m dan lebar 2*2 m. Dan untuk ukuran Reflika kakbah memiliki ukuran dengan panjang 9 m lebar 10 m dan ketinggian 10,5 m. Jadi ketika peserta pelatihan manasik haji dan umroh berkegiatan di tempat kami mereka merasakan sensasinya seolah-olah sedang berada di mekkah. Seperti kegiatan yang di lakukan oleh anak-anak dari MI AS-SHOLATIYAH NW PARE SEMOYANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH telah mengadakan pelatihan manasik haji di tempat kami. Fasilitas yang menunjang kegiatan ini, kami menyiapkan kain ihram bagi peserta laki-laki, ada aula tempat istirahat . Ketika anak-anak baru datang di sambut oleh team instruktur kami diarahkan melewati gerbang utama tangga 99 asmaul husna kemudian menuju aula untuk istirahat dan melakukan ice breaking bertujuan menghibur anak-anak dengan disuguhkan melcome drink dan snack. Untuk membuka pelatihan manasik haji dan umroh anak-anak di arahkan untuk menyanyikan lagu indosnesia Raya sebagai lagu wajib dan melakukan miqot (memasang niat). Selanjutnya anak-anak di arahkan menuju tugu jabal rahmah untuk melakukan wukuf di arafah. Dimana anak-anak akan diberikan edukasi tentang tugu jabal rahmah serta mengulas kembali peristiwa bersejarah tentang kisah nabi adam dan siti hawa. Anak-anak di ajak untuk merenungi sejenak dan memahami apa arti arafah dan nilai yang terkandung di dalamnya.

Setelah beranjak dari tugu jabal rahmah, kemudian anak-anak akan di arahkan menuju ke muzdalifah, di sana anak-anak di ajarkan tentang kesadaran dengan mengarahkan anak-anak mengambil atau memungut kerikil yang akan di lemparkan di mina.


Selanjutnya anak-anak menuju ke mina, dimana anak-anak di berikan pemahaman tentang mina yang artinya Cinta sejati, disini setiap peserta akan di jelaskan mengenai esensi dari melempar jumrah mulai dari aqobah, wusto, dan ula. Kerikil-kerikil yang diambil di muzdalifah tadi akan di lemparkan di mina, diibaratkan untuk melempar sifat-sifat tercela yang ada pada diri kita. Setelah melempar jumroh anak-anak di arahkan menuju ke tempat kakbah untuk melakukan tawaf. Anak-anak di berikan pemahaman tentang makna tawaf dan membahas arti dari bangunan kakbah ,simbolika dari hajar aswad (batu hitam) kemudian diteruskan dengan melakukan sai ,berlarian kecil dari safa ke marwah sebanyak 7 kali kemudian menuju sumur zam-zam untuk meminumnya sebagai pelepas dahaga.

Setelah melakukan prosesi pelatihan anak-anak terus melihat isi di dalam kakbah ,kemudian melakukan sesi foto bersama sebagai dokumentasi di sekolah karena telah melakukan kegiatan pelatihan. Seusai itu, anak-anak kembali ke aula untuk istirahat dan menikmati makan siang diiringi oleh alunan musik .

Makan siang selesai dilanjutkan dengan kegiatan outbound berupa fun games yaitu games kesejahteraan sosial dan games dari Sabang sampai marauke. Games dari Sabang sampai marauke ini bertujuan untuk melatih kekompakan, kerjasama, kefokusan, dan saling menghargai adapun games kesejahteraan sosial ini bertujuan untuk melatih kecepatan, kerjasama dan kosentrasi .




Bingung, mau pelatihan manasik haji dan umroh? Yuk kunjungi aja tempat kami di desa jango kecamatan janapria kabupaten lombok tengah.. Yuk bejango😉

6 views0 comments

Recent Posts

See All