Pembentukan Koperasi Nasional "Masyarakat Bhinneka Tunggal Ika"

Updated: Apr 18, 2019


Pada tanggal 9 Maret 2019 di Dusun Rungkan Barat, Desa Jango, Janapria - Lombok Tengah diadakan rapat pembentukan Koperasi Masyarakat Bhinneka Tunggal Ika yang dihadiri oleh seluruh anggota pendiri koperasi. Rapat pembentukan koperasi yang juga dihadiri oleh Kepala Desa Jango, Pejabat Dinas Koperasi setempat dan BINMAS Desa Jango ini berjalan lancar dan menghasilkan keputusan-keputusan yang menggembirakan sebagaimana yang diagendakan dalam rapat.


Adapun gagasan pokok dari pada pembentukan Koperasi Masyarakat Bhinneka Tunggal Ika ini adalah agar koperasi ini dapat menjadi wadah yang mensinergikan potensi-potensi dan sumber daya yang ada khususnya di Desa Jango untuk kemudian bersama-sama membangun dan memajukan desa. Proyek besar dari pada koperasi ini sendiri adalah mewujudkan Wisata Edukasi Religi dan Kebangsaan Desa Jango menjadi sentral pendidkan dan pelatihan bagi masyarakat luas dari berbagai kalangan dan lapisan; dimana di dalamnya diselenggarakan beragam program pendidikan dan pelatihan, seperti: pedidikan karakter, kepemimpinan, manajemen, keterampilan, kewirausahaan, pengelolaan sampah terpadu, seni dan budaya serta berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan lainnya.

Walau pada awalnya koperasi ini dimaksudkan untuk menjadi koperasi kabupaten Lombok Tengah, namun lantaran para anggota pendiri dari pada koperasi ini terdiri dari berbagai propinsi, maka diputuskanlah Koperasi Masyarakat Bhinneka Tunggal Ika ini menjadi koperasi nasional. Meski demikian koperasi ini tetap akan memulai kiprahnya dengan fokus pada membangun Lombok Tengah terutama sekali Desa Jango.


Koperasi Masyarakat Bhinneka Tunggal Ika ini diharapkan dapat menjadi penyokong utama pembiayaan pembangunan dan pengelolaan Wisata Edukasi Religi dan Kebangsaan Desa Jango. Koperasi MBTI juga bersifat terbuka dan memberi ruang sebesar-besar bagi masyarakat di seluruh Indonesia untuk berinvestasi dan ambil bagian dalam mewujudkan Wisata Edukasi Religi dan Kebangsaan Desa Jango ini menjadi karya besar bagi bangsa dan negara Indonesia.



37 views0 comments