Membatik; Salah Satu Cara Melatih Kesabaran Serta Meningkatkan Kreativitas Diri

Membatik merupakan suatu seni budaya bangsa yang tak lepas dari canting dan lilin/malam. Membatik merupakan seni menggambar di atas kain polos dengan teknik menutup kain menggunakan lilin/malam pada kain yang tidak ingin di warnai.

Teknik membatik dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu batik tulis, batik cap dan batik sablon.

Batik tulis adalah teknik membatik dengan menggunakan canting, proses pembuatan nya dimulai dengan menyanting atau menggambar dengan lilin/malam, kemudian memberi warna, dilanjutkan dengan proses melorod diakhiri dengan proses penjemuran. Batik tulis merupakan proses membatik yang di programkan di Taman Wisata Edukasi Jabal Rahmah Desa Jango.

Dengan adanya pelatihan membatik di Taman Wisata Edukasi Jabal Rahmah menandakan bahwa membatik adalah seni budaya yang tidak boleh dipunahkan. Dengan belajar membatik, merupakan salah satu cara melestarikan budaya bangsa. Selain melestarikan budaya, belajar membatik juga bermanfaat untuk melatih kesabaran. Proses pembuatan batik membutuhkan waktu yang sangat lama, oleh sebab itu dibutuhkan kesabaran serta konsentrasi yang tinggi untuk mendapatkan hasil batik yang indah. Dengan membatik anak-anak mendapatkan pengetahuan yang luar biasa, mulai dari cara pembuatan hingga proses pengeringan. Selain mendapatkan pelajaran tentang cara membatik, para peserta juga dapat mengambil nilai dari proses pembuatan batik, salah satunya adalah nilai kesabaran. Kesabaran yang di dapatkan dalam proses membatik dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sabar dalam setiap hal harus dilakukan, baik ketika mendapatkan suatu masalah berat sekalipun.

10 views0 comments

Recent Posts

See All