Kades Jango Turut Serta Melestarikan Musik Tradisional Lombok- Kelentang


Disetiap Desa Pasti Memiliki Kepala Desa Yang Akan Menjadi Pemimpin, Panutan Dan Orang Yang Sangat Dihargai Dan Pastinya Bertanggung Jawab Dalam Membangun, Membina Sebuah Desa. Dan Tentunya Kades Merupakan Orang Yang Harus Turut Serta Dalam Menjaga Warisan Budaya, Jikalau Pemimpin Dapat Melestarikan Suatu Budaya Maka Bukan Tak Mungkin Rakyatnya Juga Akan Ikut Serta Dalam Hal Tersebut.

Salah Satu Lelaki Panutan Desa Jango Ini Pun Terlihat Berbahagia Memainkan Gendang Dalam Acara Penampilan Kelentang Malam Itu Di Taman Wisata Edukasi Jabal Rahmah. Pak Mutawalli Merupakan Kades Jango Yang Mahir Dalam Memainkan Alat Music Khususnya Music Tradisional Lombok Yaitu Kelentang. Pak Kades Mengatakan Bahwa Segala Hal Yang Berbau Warisan Budaya Harus Selalu Dijaga Agar Kepunahannya Bisa Dihindari. Jangan Sekali-Kali Meninggalkan Warisan Yang Telah Diberikan, Karena Sebaik-Baik Warisan Ada Untuk Dikenang Tetapi Tidak Untuk Dilupakan.

Kelentang Merupakan Music Tradidional Lombok Yang Khas Dengan Bunyi Besi, Karena Alat Ini Terbuat Dari Besi Pipih Dan Dipukul. Kelentang Biasanya Hanya Dimainkan Di Acara-Acara Besar Tradisi Lombok Seperti Nyongkolan (Kunjungan Kedua Mempelai Pengantin Mengunjungi Orang Tua Mempelai Wanita).

Kelentang Tidak Akan Dimainkan Jika Tidak Ada Hari Besar Lombok. Hal Inilah Yang Menjadi Penyebab Utama Kepunahan Kelentang. Dengan Adanya Taman Wisata Edukasi Jabal Rahmah Maka Sudah Dipastikan Kelentang Akan Tetap Dimainkan Dan Akan Selalu Dinikmati, Ini Merupakan Salah Satu Cara Untuk Melestarikan Alat Music Kelentang. Pak Kades Jango Merupakan Orang Yang Ikut Andil Dalam Melestarikan Budaya Dan Desa Jango Bangga Mempunyai Pemimpin Yang Tidak Hanya Bijak Tetapi Bertanggung Jawab Dalam Menjaga Warisan Budaya Indonesia.



10 views0 comments

Recent Posts

See All