Camping ; Aktivitas Seru Dengan Segudang Manfaat

Updated: Jul 31, 2019


Camping Atau Berkemah Adalah Suatu Kegiatan Yang Dilakukan Di Alam Bebas Dengan Menginap Di Dalam Tenda. Camping Adalah Salah Satu Cara Untuk Bersatu Dengan Alam. Hal Ini Lah Yang Dilakukan Oleh Anak-Anak Home Schooling Kasih Sayang. Mereka Melakukan Camping Di Areal Camping Yang Telah Disiapkan Di Wisata Edukasi Religi Dan Kebangsaan Desa Jango. Camping Ini Di Mulai Pada Jam 15.00 Wita, Dengan Kegiatan Pertama Mendirikan Tenda, Dilanjutkan Dengan Solat Berjamaah Hingga Pembukaan Camping Yang Seperti Biasa Dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Setelah Itu Anak-Anak Pergi Haiking Untuk Menyusuri Atau Menjelajah Seluruh Areal Wisata Edukasi Religi Dan Kebangsaan Desa Jango sebanyak 28,8 Hektare.


Setelah Haiking Selesai Anak-Anak Kembali Melaksanakan Solat Magrib Berjamaah Lalu Mengaji Sebentar Hingga Makan Malam Bersama. Setelah Makan Malam Acara Kegiatan Malam Dilaksanakan, Dimulai Dengan Anak-Anak HSKS Mementaskan Beberapa Kreasi Yang Telah Disiapkan Dari Sore, Dilanjutkan Dengan Permainan Yang Melatih Mental Serta Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Tersebut. Setelah Tengan Malam Anak-Anak Mulai Melakukan Acara Api Unggun, Dimana Anak-Anak Mengeliling Api Unggun Sambil Bernyanyi Bersama Hingga Mendengarkan Renungan Malam Bersama. Setelah Api Unggun Selesai Dilanjutkan Dengan Acara Bebas Yaitu Anak-Anak Boleh Menyumbangkan Beberapa Bakat Atau Karya Yang Dimiliki Untuk Ditampilkan Dan Disaksikan Oleh Anak-Anak Lain. Acara Malam Diselesaikan Sekitar Pukul 01.30 Wita Anak-Anak Pun Kembali Menju Tenda Untuk Persiapan Tidur. Pukul 04.30 Anak-Anak Dibangunkan Untuk Persiapan Solat Subuh Berjamaan Dan Lari Pagi. Setelah Pulang Dari Lari Pagi Anak-Anak HSKS Ddiberikan Sarapan, Setelah Itu Dilanjutkan Dengan Permainan Ketangkasan, Focus Serta Mental Anak-Anak Tersebut. Acara Ditutup Pukul 11.00 Dengan Berdoa Bersama.



Camping Merupakan Aktivitas Yang Seru Sekaligus Menyenangkan, Beberapa Manfaat Camping Antara Lain Adalah :

1. Melatih Mental Dan Meningkatkan Kepercayaan Diri

Setiap Anak Memiliki Tingkat Kepercayaan Diri Yang Berbeda, Salah Satunya Adalah Yang Memiliki Rasa Kurang Kepercayaan Diri Yang Rendah, Nah Untuk menghilangkan Rasa Kurang Percaya Diri Ini Adalah Dengan Bercamping. Bercamping Dengan Teman-Teman Dapat Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Dengan Bergaul Dan Memiliki Teman Banyak Si Anak Akan Lebih Berani Dalam Menampilkan Semua Kemampuan Yang Dimiliki.

2. Dengan Camping Dapat Menciptakan Rasa Sosialisasi Yang Tinggi

Anak-Anak Yang Sedang Belajar Disekolah Formal Tentu Akan Merasa Bosan Dengan Kehidupan Sekolah Yang Dihabiskan Dengan Belajar,Les,Makan Dan Tidur. Hal Ini Lah Yang Menjadi Dasar Bercamping Sangat Bermanfaat Untuk Meningkatkan Rasa Sosialisasi, Camping Di Alam Yang Terbuka Dapat Meningkatkan Rasa Ingin Berkeluh Kesah, Bercerita, Bermain Dan Berkumpul Bersama Teman Bukan Hanya Untuk Mebahas Pelajaran Disekolah Tapi Untuk Menjernihkan Pikiran Dari Pelajaran-Pelajaran Yang Dapat Memperkeruh Suasana Otak.

3. Camping Dapat Membiasakan Diri Dengan Alam

Memutuskan Untuk Melakukan Camping Berarti Memutuskan Untuk Bertemu Langsung Dengan Alam Dan Otomatis Anak-Anak Akan Lebih Tahu Tentang Alam Dan Akan Lebih Tertarik Untuk Mempelajari Banyal Hal Tentang Alam. Hal Ini Dapat Membuat Anak-Anak Lebih Peduli Dan Mencintai Lingkungan.

4. Camping Dapat Melatih Ketahanan Fisik

Anak-Anak Memiliki Ketahanan Fisik Yang Tidak Sebaik Orang Dewasa, Anak Lebih Rentan Terkena Flu Dan Demam, Tetapi Berbeda Jika Melakukan Camping, Dengan Lebih Sering Melakukan Camping Anak Yang Sering Bertemu Dengan Udara Luar Akan Membuat Fisiknya Bekerja Lebih Maksimal Sehingga Anak Yang Dibiasakan Melakukan Camping Maka Ketahanan Fisiknya Akan Lebih Kuat Dan Semakin Baik.

5. Camping Dapat Meciptakan Kenangan Yang Seru Dan Fresh

Berbicara Tentang Camping Berarti Berbicara Tentang Kenangan Indah, Kenagan Indah Tentang Permainan Seru Hingga Momen Dimana Anak-Anak Dipersatukan Untuk Menguji Kekompakan Masing-Masing. Dengan Camping Dapat Menciptakan Suatu Pengalaman Yang Tidak Akan Pernah Dilupakan, Suatu Momen Yang Ketika Diingat Akan Mengundang Tawa Dan Tangis, Hal Itu Hanya Dapat Dirasakan Ketika Bercamping.

Mari Bercamping!




36 views0 comments