AQUAPONIK ; SISTEM MEMBUDIDAYAKAN IKAN DAN MENANAM TUMBUHAN DALAM SATU WADAH

Updated: Jul 19, 2019

Asalamualakum Wr Wb

Salam Kasih Sayang ! Salam Bahagia ! Selamat Berkarya!

Pembelajaran Sore Hari Itu Dibuka Dengan Pengenalan Tentang Aquaponik kepada anak-anak HSKS . Aquaponik Adalah System Atau Cara Menanam Tanaman Dan Memelihara Ikan Dalam Satu Wadah.

Kok Bisa??? Iya Jelas Sangat Bisa, Karena Tumbuhan Bisa Hidup Tanpa Memerlukan Tanah, Tumbuhan Bisa Makan Dan Melakukan Fotosintesis Tanpa Bantuan Tanah, Karena Dengan Bantuan Sinar Matahari Saja Tumbuhan Bisa Hidup. Disinilah Para Tutor Dari HSTB Menjelaskan Tentang Cara Menghidupkan Tumbuhan Tanpa Bantuan Tanah Dengan System Aquaponik.

Alat-Alat Yang Dibutuhkan Sederhana Saja Hanya 2 Buah Ember Besar, Strofoam/ Gabus, 2 Selang Air Berukuran 2 Meter, Mesin Pompa Air Dan Beberapa Ikan-Ikan Kecil Serta Benih Tumbuhan Yang Akan Ditanam.

Langkah-Langkahnya Juga Sangat Mudah Yaitu

1. Taruh Salah Satu Ember Di Tempat Yang Agak Tinggi Dari Ember Lainnya Lalu Tuang Air Kedalam Ember Hingga Setengah Penuh, Lalu Lepas Ikan-Ikan Kecil Ke Ember Yang Letaknya Lebih Rendah Dari Ember Yang Lainnya.

2. Siapkan Benih Tumbuhan Di Dalam Strofoam Dengan Membuat Lengkungan Seperti Lubang Di Strofoam Guna Menabur Benih Tumbuhan Lalu Taruh Strofoam Di Ember Yang Lebih Tinggi Untuk Dibiarkan Mengapung Diatas Air Yang Telah Dituang Sebelumnya.

3. Sambungkan Selang Dari Ember Yang Letaknya Lebih Tinggi Ke Tempat Ember Yang Letaknya Lebih Rendah Untuk Mengalirkan Air Bersih Dari Tempat Tertinggi Ke Tempat Terendah.

4. Terakhir Pasang Mesin Pompa Air Di Selang Yang Lainnya Lalu Sambungkan Selang Yang Ada Mesin Pompa Dari Ember Yang Letaknya Rendah Ke Ember Yang Letaknya Lebih Tinggi Tujuannya Agar Air Dari Kotoran Ikan Mengalir Ke Ember Yang Letaknya Lebih Tinggi Yang Berisi Benih Tanaman. Fungsi Kotoran Ikan Tersebut Adalah Sebagai Sumber Makanan Tumbuhan Tersebut.

Gimana? Mudah Kan? Ayo Di Coba!

Dengan System Aquaponik Dapat Memudahkan Kita Dalam Menanam Tumbuhan Dan Memelihara Ikan Dalam Satu Wadah Sehingga Kelak Di Kemudian Hari Ketika Tumbuhan Sudah Tumbuh Besar Dan Ikan Sudah Besar Juga Dapat Dimanfaatkan Sekaligus, Ibaratnya Sekali Mendayung Dua Pulau Terlampaui. Sayuran Di Dapatkan Begitu Juga Dengan Ikan-Ikan Yang Bisa Dijual Maupun Di Goring Untuk Lauk Makan Siang. Sedappppp

Selamat Berkarya! Mari Menjadi Orang Bermanfaat!

Terima Kasih

Selasa 11 Juni 2019




13 views0 comments