GOYANGKAN HARMONI DAPAT MELESTARIKAN WARISAN BUDAYA INDONESIA

Updated: Jul 1, 2019

Salam Kasih Sayang! Salam Bahagia! Selamat Berkarya!

Sore Hari Tepat Tanggal 17 Juni 2019 Anak-Anak HSKS Mendapat Pelajaran Baru Dari Para Tutor Di HSTB.

Pelajaran Tersebut Adalah Bagaimana Cara Menggunakan Dan Memainkan Angklung.

Angklung Adalah Alat Music Khas Indonesia Yang Yang Multitonal (Bernada Ganda) Yang Secara Tradisional Berkembang Di Masyarakat Sunda Di Pulau Jawa Bagian Barat. Alat Music Angklung Dibuat Dari Bambu Dibunyikan Dengan Cara Digoyangkan( Bunyi Dihasilkan Dari Benturan Badan Pipa Bambu) Sehingga Menghasilkan Bunyi Yang Bergetar Dalam Susunan Nada 2, 3, Sampai 4 Nada Dalam Setiap Ukuran Baik Besar Maupun Kecil.

Angklung Dalam Tradisi Sunda Jaman Dulu Mempunyai Maknadalam Ritual Keagamaan Yaitu Untuk Mengundang Dewi Sri ( Dei Padi Lambang Kemakmuran) Agar Turun Ke Bumi Dan Memberikan Kesuburan Pada Padi.

Kata “Angklung” Sendiri Berasal Dari Bahasa Sunda “Angkleung-Angkleungan” Yaitu Gerakan Pemain Angklung, Serta Dari Suara “Klung” Yang Dihasilkan Instumen Bambu Tersebut.

Angklung Merupakan Warisan Budaya Indonesia Yang Harus Tetap Dijaga Dan Dilestarikan Agar Tak Pudar Ditelan Oleh Waktu Dan Salah Satu Cara Agar Angklung Tetap Dapat Di Dengar Oleh Seluruh Masyarakat Indonesia Salah Satunya Dengan Mengajarkan Anak-Anak Hsks Dalam Bermain Angklung, Dengan Mengajarkan Anak-Anak Tersebut Dapat Dipastikan Suara Angklung Dapat Terus Di Dengar Di Desa Jango, Janapria ,NTB. Angklung Memang Berasal Dari Pulau Jawa Tetapi Para Tutor Hstb Ingin Membawa Angklung Menjadi Terkenal Hingga Di Luar Jawa Tepatnya Di Nusa Tenggara Barat Bahkan Hingga Ke Luar Negeri.

Angklung Adalah Warisan Budaya Dari Nenek Moyang Bangsa Indonesia Yang Harus Dijaga Dan Dilestarikan Agar Tak Dilupakan Karena Sebaik-Baik Warisan Adalah Sesuatu Yang Tetap Ada Hingga Kelak Bumi Ini Tiada.

Mari Sama-Sama Melestarikan Budaya Indonesia

Jika Cinta Dengan Indonesia Maka Jaga Budaya Indonesia Agar Tak Hilang Ditelan Zaman!

Salam Merdeka! Salam Indonesia! Salam Budaya! Salam Sejahtera!






7 views0 comments

Recent Posts

See All