Al-Fatihah Ayat 1

Updated: Apr 20, 2019

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


Bismillahirrahmanirrahim Dalam nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

Kata bismillah dapat kita terjemahkan "dengan nama Allah" boleh juga kita terjemahkan "dalam nama Allah" karena makna dari pada bismillah adalah menekankan keharusan kita untuk "lekat dengan nama Allah"; atau dengan kata lain, kita diharuskan benar-benar hidup di dalam nama-Nya itu.


Sebagaimana yang kita tahu, basmallah ini mempunyai kedudukan yang sangat penting di dalam Islam. Dimana kita diperintahkan untuk selalu memulai setiap perbuatan dengan membaca basmallah. Bahkan ada satu hadist yang mengatakan: “Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya.” Memulai perbuatan dengan basmallah bermakna bahwa setiap perkara yang hendak kita lakukan haruslah ia dilandasi oleh semangat kasih sayang. Artinya, haruslah perbuatan tersebut dilakukan dengan niat yang luhur. Haruslah perbuatan tersebut selaras dengan ajaran Allah. Haruslah kita memastikan bahwa perbuatan tersebut adalah perbuatan yang membawa kebaikan dan bukan perbuatan yang justru akan medatangkan keburukan.

Satu hal penting yang kita harus paham dan yakin tentang ini adalah bahwa setiap perbuatan yang kita lakukan pastilah akan kembali kepada diri kita sendiri. Setiap perbuatan sekecil apapun itu pastilah akan didatangkan balasannya dengan sempurna. Dan karena itulah maka jika kita menghendaki kebaikan, jalan satu-satunya yang tersedia bagi kita adalah melakukan perbuatan-perbuatan yang baik. Melakukan perbuatan-perbuatan yang bermanfaat bagi orang lain dan kehidupan.

Kita harus ingat bahwa manusia itu diciptakan dalam setting-up: "hanya akan memperoleh kebahagiaan yang hakiki dengan menjadi orang baik". Jadi sebenarnya tidak akan pernah kita bisa mendapati kebahagiaan yang hakiki itu di luar dari nama Allah. Di luar dari ajaran kasih sayang. Kasih sayang itu adalah fitrah Allah dan kasih sayang itu pula fitrahnya manusia itu.


Singkatnya, mengamalkan basmallah itu berarti kita harus memastikan bahwa setiap perbuatan kita dan bahkan seluruh hidup kita ini senantiasa harus dijiwai oleh kasih sayang. Kasih sayang adalah instrumen pertama dan terutama yang harus terus hidup dan kita hidupkan di dalam diri kita. Kasih sayang inilah yang akan menjadi penyelamat dan bahkan sumber dari keberhasilan dan kebahagiaan hidup kita. Tidak ada yang lebih penting bagi kita selain dari kasih sayang itu sendiri.


Dengan itu maka definisi kita tentang kesuksesan hidup sebagai anak manusia adalah diukur dari seberapa pandai dan hebat kita mengimplemtasikan ajaran kasih sayang ini dalam kehidupan. Dan tantangan terbesar kita adalah bagaimana menjaga agar kasih sayang itu tidak kita biarkan tergeser dari hati kita barang sesaatpun. Sebab tentu banyak hal yang terkadang bahkan hal-hal yang sepele tapi mampu mebuat kita kehilangan kasih sayang dalam hati kita. Bukan saja musibah atau kegagalan yang besar, kadang sebuah hinaan kecil saja dapat membuat kita menutup rasa kasih sayang dengan kemarahan. Menjaga kasih sayang tetap menyala dalam diri kita itulah langkah mendasar untuk memastikan diri kita tetap berada dalam nama-Nya.


Demikian pula halnya jika kita bicara tatanan peradaban manusia. Dasar pertama yang harus diletakan sebagai landasan keseluruhan sistem hidup umat manusia adalah ajaran kasih sayang itu. Sebab hanya ajaran kasih sayang itulah yang memungkinkan terwujudnya satu tatanan peradaban manusia yang adil dan beradab. Yang damai dan sejahtera. Dan, dapat dengan yakin kita katakan bahwa seperti apa kondisi dunia yang kita tinggali hari ini pun; bernuansa surgawi atau nerakawi, sangat bergantung pada seberapa baik ajaran kasih sayang tersebut terimplementasikan dalam perikehidupan umat manusia.


So, sebagaimana fungsi Al-Fatihan sebagai "Pembuka" semoga pemahaman kita tentang makna ayat 1 dari surat Al-Fatihah ini pun dapat menjadi pembuka wawasan, pikiran, perasaan dan sikap hidup kita agar darinya menjadi terbuka pula pintu-pintu kebaikan dan berkah. Pintu-pintu rahmat-Nya.

71 views0 comments

Recent Posts

See All